Rabu, 23 Desember 2015

MTB FEDERAL tipe VTC SERIE


Sepeda FEDERAL merupakan sepeda buatan anak negeri yang populer sekitar tahun 90an. Sepeda ini di produksi oleh PT. Federal Cycle Mustika (FCM), sebuah anak perusahaan Astra Group. Pangsa pasar sepeda Federal sempat menembus benua eropa dan cukup digemari disana. Hal ini sempat menjadi kekhawatiran produsen sepeda dunia, khususnya pabrikan sepeda asal taiwan.

Masa keemasan sepeda Federal yang rata-rata berjenis MTB ini berakhir setelah munculnya tuduhan dumping policy oleh Masyarakat Eropa (ME) yang memaksa PT. Federal Cycle Mustika untuk menghentikan produksi dan menutup usahanya.

Meski sudah tidak diproduksi lagi, namun beberapa pemilik Federal kembali mempopulerkan sepeda ini. Tidak mudah untuk melacak kembali sepeda Federal yang lama mati suri. Beberapa pecinta Federal menyebut dirinya sebagai Federalist dan terbentuk beberapa komunitas Federal di Indonesia, seperti Komunitas Federal Indonesia, MTB Federal Indonesia dan masih banyak lagi.

Seperti yang disampaiakan oleh MTBFederal.com, sepeda Federal yang asli memiliki beberapa ciri khas tertentu yang tidak dikuti oleh pembuat sepeda Federal generik (kw), ciri-ciri tersebut seperti :

  • Built Quality yang bagus : hasil pengelasan rapih, kualitas pengecatan yang baik. Walaupun sudah tua atau lusuh tapi terlihat mantap
  • Jika ada nomor seri, posisinya ada di tiga posisi berbeda tergantung tipenya (dibawah bb menghadap ke jalan, disisi kiri bawah seat tube dekat FD atau di headtube bagian belakang)
  • Seat Stay ujungnya meruncing menempelnya ke seat tube dari samping
  • Diatas dudukan rem Cantilever brake/ vbrake belakang ada bracket untuk pasang rear rack (mirip cable cage)
  • Pipa Seat Tube bagian atas yang lubangnya untuk dimasukan Seat post dibuat meruncing
  • Sebagian Decalnya ada tulisan Cycle2000 dan PT. Federal Cycle Mustika
Disamping ciri-ciri diatas ada juga sepeda Federal Asli yang pipa Seat Tubenya langsung dilas dibagian belakang seat tube dan untuk tipe-tipe Federal yang lebih tua belum mempunyai nomor seri (SN).


Salah satu tipe federal yang saya punya yaitu VTC SERIE. Berikut ini penampakannya gan.

FEDERAL VTC SERIE BAG 1

FEDERAL VTC SERIE BAG 2

Penampakan tadi sudah di repaint (CAT ULANG), Wujud aslinya tidak sempat di foto, tetapi warnanya sama dengan yang aslinya cuman ada beberapa asesoris yang udah diganti. seperti stiker dll.

Saya juga sudah menyiapkan desain stiker yang dibuat dengan sedikit modif.

dibawah ini adalah desain stikernya gan.

DESAIN STIKER FEDERAL VTC SERIE
Sekian dulu pembahasan mengenai sepeda FEDERAL tipe VTC SERIE. terima kasih.

1 komentar:

monggo